Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Kamis, 09 September 2010

Zhao Yun

Nama Lengkap: Zhao Zilong
Lahir: A.D. 158
Meninggal: A.D. 228
Saudara: Zhao Lei (saudara angkat)
Anak: Zhao Tong (A.D. 209), Zhao Guang (A.D. 210)

Zhao Yun pada mulanya mengabdi kepada Gongsun Zan, namun meninggalkan Gongsun Zan setelah mengetahui sifat egois dan ketidak pedulian Gongsun Zan terhadap penderitaan rakyat. Zhao Yun bergabung dengan Liu Bei ketika Liu Bei melarikan diri dari markas Yuan Shao.


Tenang dan cerdas, Zhao Yun sering ditugaskan untuk mengawal Liu Bei. Peristiwa yang sangat diingat adalah keberanian Zhao Yun menembus kepungan musuh di Lereng Changban untuk menyelamatkan Liu Chan, anak Liu Bei.

Disamping Guan Yu dan Zhang Fei, Zhao Yun merupakan jenderal yang sangat berpendidikan dan berpengalaman, sehingga Liu Bei bergantung kepadanya pada banyak pertempuran.

Selama penumpasan pemberontakan di selatan oleh Meng Huo, Zhuge Liang membawa Zhao Yun dan Wei Yan bersama beberapa perwira senior. Dengan bagian selatan yang sudah disatukan, rencana untuk menyerang Wei dilancarkan dan meskipun saat itu Zhao Yun sudah berusia lanjut, dia masih merupakan seseorang yang hebat dan ditakuti dalam setiap pertempuran.

Ketika Liu Bei meninggal dunia, dia mempercayakan Zhao Yun untuk menjaga anaknya. Kematian Guan Yu yang diikuti oleh Zhang Fei dan Huang Zhong meninggalkan hanya dua dari Lima Harimau membuat Zhao Yun sangat berarti bagi Kerajaan Shu.

Zhuge Liang sangat sedih ketika Zhao Tong dan Zhao Guang, anak Zhao Yun, datang ke Chengdu untuk melaporkan kepergian sang ayah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar