Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Senin, 16 Januari 2012

Game Maker - Membuat Kode Brankas

Mari kita belajar Game Maker lagi :)
Kali ini kita akan membuat kode brankas, seperti ini



Menekan tombol untuk menggeser angka dan menemukan angka yang cocok untuk membuka sesuatu yang bersifat rahasia. Mungkin itulah kalimat paling cocok yang bisa kita pakai.

Sekarang kita siapkan 2 buah sprite, tinggal di Save Imagenya:

Sprite1:


Sprite2:

(Ada 10 gambar, silakan di save satu per satu)

Save semua image diatas, dan buat sprite 2 menjadi sebuah animasi, disusun dari nol ke 9.

Dan untuk backgroundnya, saya menggunakan background ini:



Kemudian buat sebuah object, beri nama o_butt1, spritenya sprite1, pada create event, beri kode ini:

global.slot1 = 0
global.slot2 = 0
global.slot3 = 0

Pada Step event, beri kode ini:

if global.slot1 = 1 && global.slot2 = 9 && global.slot3 = 5 //kodenya 195, kamu bisa merubah kodenya dengan cara merubah angka ada global.slot1, global.slot2, dan global.slot3
{
o_control.alarm[0] = 1 //jika kamu tidak menggunakan o_control, kamu harus merubah kode ini, ubahlah kata yang di bold sesuai dengan nama object yang berperan sebagai o_control
}

Pada Event Left Released, beri kode ini:

global.slot1 += 1

if global.slot1 > 9 then global.slot1 = 0

Buat sebuah object lagi, beri nama o_butt2 (dengan sprite yg sama, yaitu sprite1), dan masukan kode ini pada event Left Released:

global.slot2 += 1

if global.slot2 > 9 then global.slot2 = 0

Sedangkan untuk o_butt3 (buat obejct baru, & sprite yang sama), beri kode ini pada event Left Released:

global.slot3 += 1

if global.slot3 > 9 then global.slot3 = 0

Sekarang kita buat o_slot1, beri sprite2, lalu pada Create event, beri kode ini:

image_speed = 0
image_index = 0

Pada Step event, beri kode ini:

image_index = global.slot1

Untuk o_slot2 dan o_slot3, kamu bisa menduplicate / menggandakan o_slot1, tapi dengan merubah global.slot1 ke global.slot2 atau global.slot3 (sesuai nama object)

Cara untuk menduplicate yaitu klik kanan pada o_slot1, lalu pilih Duplicate, otomatis akan keluar sebuah object dengan event yang sama. Jadi kamu hanya perlu merubah nama object dan Step eventnya. Ngerti kan?

Sekarang buat sebuah object dengan nama o_control (tidak usah menggunakan sprite), lalu pada Event Alarm[0], masukan kode ini:

show_message('By Kevin Blaze Coolerz')
game_restart() //pada bagian ini, kamu bisa menggunakan action lain, seperi ke room selanjutnya, atau menemukan sebuah benda dalam brankas, atau apalah. Untuk ini Saya hanya membuat pesan dan membuat gamenya restart setelah menemukan kode yang cocok.

Jika sudah, maka semuanya akan terlihat seperti ini:


Sekarang tinggal memasukan object ke room. Susun dari kiri ke kanan dari o_slot1, o_slot2, o_slot3, o_butt1, o_butt2, o_butt3, dan o_control bisa ditaruh dimana saja.
Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti letaknya sesuai gambar ini:



Untuk hasil yang sudah jadi, silakan download DISINI.

*Note: Kode brankasnya 195

Selamat mencoba :)