Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Rabu, 17 Agustus 2011

Membuat Game Shooter

Nah, di kesempatan ini saya mau berbagi cara membuat game shooter atau tembak-tembakan, tetapi bukan seperti Point Blank, hehe.
Ok langsung saja kita buat gamenya...

Pertama buat sprite charnya dulu, buat saja berbentuk linkaran, dan beri nama spr_char. Lalu buat sprite pelurunya, dengan ukuran 10x10, dan beri nama spr_bullet.

Selanjutnya buat objectnya. Buat obj_char dengan kode ini pada create event:

tembak = 1 //bisa menembak
senjata = 1 //senjata yang dipakai adalah senjata nomor 1

/* kode senjata:
1 = shotgun
2 = sniper
3 = pistol
4 = machine gun
*/

Kemudian pada Step event, beri kode ini:

//ini kode untuk menggerakan char

if keyboard_check(ord('W')) //jika tekan tombol W
{ //maka
y-=5 //koordinat y - 5
}
if keyboard_check(ord('S'))
{
y+=5
}
if keyboard_check(ord('D'))
{
x+=5
}
if keyboard_check(ord('A'))
{
x-=5
}

if keyboard_check_pressed(ord('1')) //jika tekan 1
{ //maka
sound_play(snd_ganti_senjata) //keluar suara ini
senjata = 1 //senjata yg dipakai adalah senjata nomor 1
}
else //apabila
if keyboard_check_pressed(ord('2')) //menekan tombol 2
{ //maka
sound_play(snd_ganti_senjata) //terdengar suara ini
senjata = 2 //senjata yg dipakai adalah senjata nomor 2
}
else
if keyboard_check_pressed(ord('3'))
{
sound_play(snd_ganti_senjata)
senjata = 3
}
else
if keyboard_check_pressed(ord('4'))
{
sound_play(snd_ganti_senjata)
senjata = 4
}

Buat event Global Left Button (terdapat di Add event > Mouse > Global Mouse > Global Left Button), lalu beri kode ini:

if tembak = 1 //jika bisa menembak
{ // maka
if senjata = 1 // jika senjata = 1
{
sound_play(snd_shotgun) //terdengar suara shotgun
instance_create(x,y,obj_bullet) //obj_bullet akan terbentuk
alarm[0] = 20 //jeda waktu selama 20
tembak = 0 // tidak bisa menembak
}
else
if senjata = 2
{
sound_play(snd_sniper)
instance_create(x,y,obj_bullet)
alarm[0] = 40
tembak = 0
}
else
if senjata = 3
{
sound_play(snd_pistol)
instance_create(x,y,obj_bullet)
alarm[0] = 10
tembak = 0
}
else
if senjata = 4
{
sound_play(snd_mesingun)
instance_create(x,y,obj_bullet)
alarm[0] = 5
tembak = 0
}
}

Pada event Alarm[0], beri kode ini:

tembak = 1 //bisa menembak

obj_char pun selesai. Sekarang buat obj_bullet, dan pada create event, isikan kode ini:

if obj_char.senjata = 1 //jika senjata pada obj_char = 1
{
move_towards_point (mouse_x,mouse_y,40) //maka obj_bullet akan bergerak ke arah mouse dengan kecepatan = 40
}
else
if obj_char.senjata = 2
{
move_towards_point (mouse_x,mouse_y,50)
}
else
if obj_char.senjata = 3
{
move_towards_point (mouse_x,mouse_y,20)
}
else
if obj_char.senjata = 4
{
move_towards_point (mouse_x,mouse_y,30)
}

Dan pada event Outside Room (terdapat pada Add event > Other > Outside Room), tinggal seret Instance destroy ke Action nya. Atau kamu bisa menggunakan kode ini:

instance_destroy() //menghancurkan obj_bullet

Ok, semuanya sudah selesai, tinggal masukan obj_char kedalam room, dan play, dan jangan lupa untuk save gamenya.
Cara mainnya:
  • AWSD untuk bergerak
  • Mouse untuk menembak
  • 1-4 untuk mengganti senjata

Untuk mempermudah pembelajaran tutorial ini, kamu bisa mendownload nya DISINI

Sudah terdapat sound effectnya, jadi kamu bisa menggunakan sound effect itu juga dalam game kamu, hehe.

Semoga bermanfaat