Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Senin, 02 Mei 2011

Game Maker: Cara Membuat Room Menjadi Luas Dan Char & Obj_uang Tidak Bisa Keluar Room

Game RPG yang saya posting cuma sampai PART 3, selanjutnya kamu bisa memperlajari dan mengembangkan game yang kamu buat melalui tutorial tutorial yang saya post.

Berikut cara untuk memperluas room kamu, tapi tidak sekedar luas, perlu ada beberapa settingan lagi untuk membuatnya sempurna, berikut caranya?

Pada Room, kamu klik Tab Settings, lalu set Width dan Height nya sesuai dengan apa yang kamu mau, width berarti lebar room, sedangkan height berarti tinggi room, kamu bisa berbahasa inggris kan? hehe. Saya set luasnya 1500x1500 saja...

Terus kamu klik Tab Views, lalu centang Enable to use views dan Visible when room start, lalu pada Object Following, kamu set menjadi char kamu (obj_char), dan di bagian bawahnya lagi, isi ini:

Hbor = 320
Vbor = 220














Ini maksudnya agar char kita berada di tengah tengah layar saat berjalan di room yang luas, kamu bisa merasakan efeknya setelah mencobanya. Dan coba kamu tidak mengisi angka di bagian Hbor dan Vbor, perbedaannya akan sangat terasa :)...

Ada 1 bug yang harus di fix, yaitu bagian uangnya, jika kamu berjalan kekanan atau ke bawah, entar uang nya gak terlihat lagi, cara untuk membuat uangnya terlihat, cukup memasukan kode ini di bagian step obj_uang itu (masih ingatkan cara menambahkan event step?):

x=view_xview+10; //obj_uang akan selalu berada di koordinat x + 10
y=view_yview+10; //obj_uang akan selalu berada di koordinat y + 10

Jika kamu melakukan hal ini, kamu harus merubah bagian yang lain, atau kode ini tidak work, yang perlu kamu ubah ada Draw pada obj_uang, kamu ganti 10,10 itu manjadi x,y, sehingga kodenya menjadi:

draw_text(x,y,string(global.duit)+' Rupiah')

Dan agar char kita tidak keluar dari room, masukan kode ini di step atau di begin step, lebih baik buat di execute kode yang baru / seret lagi execute kodenya lagi:

if x > room_width x = room_width;
if x < 0 x = 0;
if y > room_height y = room_height;
if y < 0 y = 0;
//saya kurang mengerti dengan kode ini, hehe, sebab saya dapat kode ini dari orang lain

Sekian tutorial tentang Cara Membuat Room Menjadi Luas Dan Char & Obj_uang Tidak Bisa Keluar Room, jika ada bug / error / hal yang ingin kamu tanyakan / hal lain yang ingin kamu pelajari, langsung saja kontak dengan saya melalui koment kamu, atau inbox ke FB ku :) semoga tutorial ini bermanfaat...

Belajar Buat Game Menggunakan Game Maker PART 3 *Fixed

Sekarang kita akan membuat game nya lebih terkesan indah, dengan menambahkan music dan background pada game. Nah, di folder Sound, create sound, terus cari music yang tadi di download, saya pilih yang dungeon6, karena lagunya loop dan bagus, hehe, loop berarti jika lagunya dah habis dan LANGSUNG dimulai dari awal lagi lagunya gak terputus, alias nyambung, jadi lagunya seperti gak berhenti berhenti.

Lalu di folder background, create background dan masukan 1 gambar sebagai backgroundnya, atau kamu buat aja gambarnya sendiri, buat gambar hijau polos, itu akan terlihat seperti rumput, kalau sudah klik centang hijau. lalu kita berahli ke obj_char, kita add event lagi, lalu pilih Other, dan pilih Game Start.

Lalu di menu Main 1, seret Play Sound, lalu masukan nama sound yang tadi kamu buat, dan pada Loop, kamu ganti jadi True.

OK, kita buka room kita lagi, lalu ikuti langkah seperti gambar ini, hehe:












Klik gambar nya untuk memperbesar ukuran gambar

Kalau backgroundnya sudah jadi, kita buat charnya bisa menembak, nih pelurunya, silakan save dulu:




Cara save gambarnya tinggal klik kanan pada gambar, terus save image as.

OK, di folder sprite, Load gambar ini, terus beri nama spr_listrik, dan center kan spritenya. Kalau sudah, buat objectnya, dan beri nama obj_listrik, lalu add event, pilih other, pilih outside room, dan seret Instance Destroy (di Main 1), pilih self, dan OK, dan pada Step event, tambahkan kode ini:

if (x=view_xview+view_wview || yview_yview+view_hview) instance_destroy()
// ini bertujuan agar pelurunya hancur jika peluru sudah keluar dari view / layar yang kita lihat

Sekarang kita buka obj_char, klik add event, lalu pilih Key Press, dan di bagian Letter, pilih D, seret execute kode dan masukan kode ini:
 

instance_create(x,y,obj_listrik) //buat obj_listrik di x dan y obj_char

Oh iya, ada yang perlu di edit, di bagian Step, itu di tambahkan 'dir' nya, kamu delete saja kode yang di step, lalu ganti jadi begini:

if keyboard_check_direct(vk_up) //jika tekan tombol atas
{ //maka
sprite_index=spr_char //ganti sprite jadi spr_char
y=y-5 //bergerak ke atas, sebanyak 5 (5 apa ya?)
image_speed=0.5 //kecepatannya 0.5 saja
dir = 180
}
if keyboard_check_direct(vk_down) //jika tekan tombol bawah
{
y=y+5 //yang ini +, bkan -
sprite_index=spr_char_kesini //ganti sprite jadi sprite lain
image_speed=0.5
dir = 0
}
if keyboard_check_direct(vk_right) //jika tekan tombol kanan
{
sprite_index=spr_char_kekanan
x=x+5 //kali ini x, bkan y, dan +, bkan -
image_speed=0.5
image_xscale=1 //gambar nyata, tidak terbalik
dir = 90
}
if keyboard_check_direct(vk_left) //jika tekan tombol kiri
{
x=x-5 //kali ini -, bkan +
sprite_index=spr_char_kekanan
image_xscale=-1 //nah, kalau yang ini untuk membuat gambar nya flip, atau terbalik
image_speed=0.5
dir = 270
}


if keyboard_check_released(vk_up) //jika tombol atas dilepas
{ //maka
image_speed=0 //kecepatannya 0, atau tidak bergerak
dir = 180
}
if keyboard_check_released(vk_down)
{
sprite_index=spr_char_kesini
image_speed=0
dir = 0
}
if keyboard_check_released(vk_right)
{
sprite_index=spr_char_kekanan
image_speed=0
image_xscale=1
dir = 90
}
if keyboard_check_released(vk_left)
{
sprite_index=spr_char_kekanan
image_xscale=-1
image_speed=0
dir = 270
}

Kode nya cuma di tambahkan dir nya...


Tambahan:

Pada obj_listrik, tambah kode ini pada Create event:

if obj_char.dir = 0 //jika arahnya 0, atau menghadap depan
{
vspeed=+30 //kecepatan nya 30
}

if obj_char.dir = 180 //menghadap belakang, atau 180 derajat
{
vspeed=-30
}

if obj_char.dir = 90
{
hspeed=+30
}

if obj_char.dir = 270
{
hspeed=-30
}





Sekarang kamu bisa mencoba game nya, tekan tombol D untuk menembak. OK, Good Luck :)