Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Selasa, 10 Juli 2012

Game Maker - Mengenal Parent

Sudah lama gak buat posting lagi, hehe, sebab lagi sibuk untuk membuat game baru nih.
Kali ini saya mau mengenalkan fungsi dari parent pada Game Maker.

Parent berarti orang tua. Dalam GM (Game Maker), jika orang tua di beri action, maka anak-anaknya juga akan mendapatkan action yang sama. Jadi parent akan mempermudah kita membuat object yang kodenya dan eventnya sama satu dengan yang lainnya, namun dengan parent kita tidak perlu membuat kode yang sama pada tiap object. Bayangkan jika kamu mempunyai puluhan hingga ratusan object yang event dan kode actionnya sama, bakal susah tuh mau dibuat. Ya walaupun kamu bisa duplikat object, namun jika terdapat kesalahan atau kamu mau update kodenya, tetap susah juga mau merubah semua kodenya.

Dengan parent, kamu cukup membuat event object yang kodenya berbeda saja, dan yang sama bisa di buat di object parentnya.

Langsung saja kita mulai pengenalan sekaligus pemahaman.

Siapkan GM mu, lalu buat sebuah sprite dengan ukuran 32x32, buat 3 buah persegi dengan warna yang berbeda-beda.



Lalu buat sebuah object, dengan nama obj_parent, lalu buat lagi sebuah object dengan nama obj_blok1, kemudian set spritenya menjadi sprite yang kita buat tadi. Kemudian pada create event, ketik kode ini:


image_speed = 0
image_index = 0


nilai = 1 //pada nilai, bebas mau diisi berapa angkanya


Dan jangan lupa untuk meng-set parentnya menjadi obj_parent:



Kemudian duplikat obj_blok1 sebanyak 2x, caranya klik kanan pada obj_blok1, kemudian klik Duplicate, maka sebuah object akan tercipta,. Beri nama kedua object yang terduplikat tadi dengan nama obj_blok2 dan obj_blok3.

Pada obj_blok2, ubah image_index nya menjadi 1, dan nilainya menjadi 2.
Pada obj_blok3, ubah image_index nya menjadi 2, dan nilainya menjadi 3.

Sekarang semua object sudah jadi, lalu kita buat kode actionnya.

Pada obj_parent, buat event left pressed, lalu isi kode ini:

show_message(string(nilai))

Lalu buat event right pressed, lalu isi kode ini:


nilai += 1
show_message('Nilai telah bertambah 1, nilai sekaranh menjadi '+string(nilai))

Sekarang sudah selesai semua, tinggal masukan ketiga object blok tersebut ke room (obj_parent tidak perlu di masukan dalam room), dan run.

Klik kiri pada blok hitam, maka akan keluar pesan bernilai 1, klik pada blok merah maka akan keluar pesan bernilai 2, dan bernilai 3 untuk blok biru.

Jika mau menambahkan action lain, tambahkan saja pada obj_parent.

Kalau masih kurang jelas, silakan download *.gmk nya disini:

Mediafire : http://www.mediafire.com/?bg3p2m7r28bunbu
Host-A Net : http://www.host-a.net/u/kevinblazecoolerz/Contoh_Parent.gmk

Semoga bermanfaat :D