Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Senin, 16 April 2012

Game Maker - Shutdown Timer

Ini dia aplikasi buatanku selanjutnya, fungsinya sama dengan namanya, yaitu untuk men-shutdown komputer dengan waktu / timer. Tapi tidak hanya untuk shutdown, melainkan restart, log off, dan hibernate juga.
Aplikasi ini sudah pernah saya buat menggunakan Visual Basic 6, namun saya tertarik ingin membuatnya di Game Maker 8.0, dan kini telah terwujud :D

Cara penggunaannya sangat mudah, cukup klik tombol dan masukan angka (dalam detik), maka aplikasi ini akan melakukan aksi sesuai dengan tombol yang kamu klik.

Kegunaan dari aplikasi ini:
1. Sebagai timer, jadi kita bisa menentukan waktu untuk men-shutdown komputer.
2. Jika komputer kita terkena virus, dan tidak bisa shutdown, atau tidak ada pilihan shutdown nya, mungkin aplikasi ini bisa membantu.
3. Tidak perlu repot-repot mengetikan kode untuk shutdown di Command Prompt, dengan ini semuanya jadi simpel

Silakan download APLIKASINYA DISINI

Menyesuaikan Ukuran Sprite Menggunakan Script

Pernahkah kita mengalami suatu masalah ketika kita ingin menyesuaikan image_xscale atau image_yscale suatu sprite / object, dan ukurannya sulit untuk dibuat ? Saya pernah :P
Ketika mau membuat sebuah balok yang jika diklik akan melakukan action, tetapi image_xscale & image_yscale nya tidak sama besar dengan sprite yang tergambar. Misalnya gini:

Ada sprite, ukurannya 100x100, dan spritenya di draw_sprite_stretched(sprite,sub img,x,y,200,200), sehingga spritenya akan tampak 2x lebih besar, yaitu 200x200, namun ketika di klik, hanya bagian tertentu yang melakukan action, yaitu pada wilayah 100x100 (karena itu image_xscale & image_yscale yang asli), jadi kita harus membuat image_xscale & yscale nya menjadi 200x200.

Jika ukurannya 2x lipat, tentu kita bisa menggunakan:
image_xscale = 2; image_yscale = 2

Ini akan membuat xscale dan yscale menjadi 200%. Jika diisi 3 berarti 300%, dst...

Tapi, bagaimana jika ukurannya tidak menentu? Seperti 326x402 ?
Bingungkan? Hehe...

Cara ini saya temukan sendiri, dan cara ini sangat sangat simpel, yaitu begini:

image_xscale = image_xscale*(ukuran baru) / (ukuran lama);
image_yscale = image_yscale*(ukuran baru) / (ukuran lama)

Jadi, ukuran baru adalah ukuran yang akan kita buat, seperti 200x200, dan 326x402 tadi. Dan ukuran lamanya yaitu ukuran asli spritenya, yaitu 100x100. Jadinya begini:

image_xscale = image_xscale*326 / 100;
image_yscale = image_yscale*402 / 100

Ok, mudah bukan? Jika masih bingung, silakan download file *.gmk nya DISINI

Semoga bermanfaat :D