Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Kamis, 22 Desember 2011

Game Maker - Mengenal Ekstensi GM Windows Dialogs (File Dialogs)

Untuk yang ini perlu keahlian yang cukup tinggi, karena fungsi ini biasanya digunakan untuk membuka file, bisa berupa text, gambar, video, audio, dll.
Namun fiturnya tidak sebagus cara gunanya, mungkin lain kali saya akan membahas fungsi ini secara keseluruhan, hehe :P

Saya akan memperkenalkan fiturnya saja. Cara mempraktekannya saya rasa sama dengan cara-cara sebelumnya, yaitu Message Dialogs, Input Box dan Color Dialogs.

wd_open_dialog_show()
Ini untuk membuka file.
wd_open_dialog_get_file() Ini sebagai fungsi lanjutan dari wd_open_dialog_show().
wd_open_dialog_set_file(fname) Ini untuk meng-set nama file secara default.
wd_open_dialog_set_folder(folder) Ini untuk meng-set nama folder secara default.
wd_open_dialog_set_filter(filter) Ini untuk meng-set filternya. Filter harus mempunyai Form Name1|Maskl|Name2|Mask2|..... Untuk contohnya: Text Files|*.txt|All Files|*.*.
wd_open_dialog_set_extension(extension) Ini untuk meng-set ektensi jika user tidak menentukan ekstensinya.
wd_open_dialog_set_caption(caption) Ini untuk meng-set caption / keterangan pada dialog.
wd_open_dialog_set_option(option,value) Dengan fungsi ini pilihan yang berbeda dapat diatur. Setiap pilihan memiliki indeks dan nilai harus benar atau salah. Opsi berikut ada:

wd_fo_overwriteprompt = Memberi tahu user kalau mau menimpa file (overwriting) (hanya untuk dialog Save)
wd_fo_filemustexist = File ini harus ada
wd_fo_pathmustexist = Lokasi ini harus ada
wd_fo_createprompt = Jika tidak ada file yang ada yang dipilih user maka ditanya apa yang harus diperbuat.
wd_fo_nochangedir = Setelah memanggil lokasi, lokasi akan langsung di reset ke lokasi aslinya.
wd_fo_noreadonlyreturn = Tidak ada file yang di kembalikan jika Read-only.
wd_fo_oldstyledialog = Menampilkan dialog model lama.
wd_fo_dontaddtorecent = File tidak ditambahkan dalam daftar file yang baru dibuka.
wd_fo_forceshowhidden = File tersembunyi akan ditampilkan.

Beberapa pilihan daat diatur dengan beberapa panggilan.

wd_save_dialog_show()
wd_save_dialog_get_file()
wd_save_dialog_set_file(fname)
wd_save_dialog_set_folder(folder)
wd_save_dialog_set_filter(filter)
wd_save_dialog_set_extension(extension)
wd_save_dialog_set_caption(caption)
wd_save_dialog_set_option(option,value)

Ini adalah dialog yang sama dengan dialog diatas, namun ini adalah dialog untuk menyimpan file.

wd_open_picture_show()
wd_open_picture_get_file()
wd_open_picture_set_file(fname)
wd_open_picture_set_folder(folder)
wd_open_picture_set_filter(filter)
wd_open_picture_set_extension(extension)
wd_open_picture_set_caption(caption)
wd_open_picture_set_option(option,value)

Ini adalah dialog yang sama dengan dialog diatas, namun ini untuk membuka gambar.

wd_save_picture_show()
wd_save_picture_get_file()
wd_save_picture_set_file(fname)
wd_save_picture_set_folder(folder)
wd_save_picture_set_filter(filter)
wd_save_picture_set_extension(extension)
wd_save_picture_set_caption(caption)
wd_save_picture_set_option(option,value)

Ini adalah dialog yang sama dengan dialog diatas, namun ini untuk menyimpan gambar.

Ok, sampai disini saja penjelasannya, untuk prakteknya kamu bisa praktek sendiri, karena intinya hanya satu, yaitu logika :D

Game Maker - Mengenal Ekstensi GM Windows Dialogs (Color Dialogs)

Sekarang kita akan membahas tentang Color Dialogs. Fitur pada color dialogs yaitu:

wd_color_dialog_show()
wd_color_dialog_get_color()
wd_color_dialog_set_color(col)

Ok, kita akan langsung mulai pembahasannya.
Pertama install extension GM Windows Dialogs terlebih dahulu.


Lalu buat sebuah object, buat Create event dan isikan kode in:

color = c_black //warna awalnya adalah hitam

Lalu buat event Press Space, dan isi kode ini:

wd_color_dialog_show()

Dan buat Draw Event, dan isi kode ini:

draw_set_color(color)
draw_text(10,10,'Testing')

Sekarang masukan objectnya dalam room dan play.
Lalu kamu tekan spasi untuk memilih warna, kemudia klik OK. Warna teks BELUM BERUBAH? ya ialah, butuh kode lain untuk membuat warna teks berubah sesuai keinginan.

Caranya tinggal tambahkan kode ini pada event Press Space

color = wd_color_dialog_get_color()

Tinggal ditambah saja pada kode sebelumnya. Sekarang klik play dan lihat apa yang terjadi, warna teks berubah sesuai dengan warna yang kita pilih, hebat bukan? hehe

Namun ada satu kode lagi, yaitu:

wd_color_dialog_set_color(col)

Kode diatas untuk merubah warna juga, tapi hanya bisa 1 warna dan tidak ada pilihan lain lagi seperti pada kode sebelumnya.
Sekarang kita coba menggunakan kode ini. Hapus semua kode pada event Press Space dan ganti kodenya dengan:

wd_color_dialog_set_color(c_red) //c_red berarti color_red / warna merah
color = wd_color_dialog_get_color()

Kemudian klik play. Jika tombol spasi ditekan, maka warna teks akan berubah menjadi merah.

Ok, selamat mencoba :D

Game Maker - Mengenal Ekstensi GM Windows Dialogs (Input Box Dialogs)

Sekarang kita akan membahas tentang Input Box Dialogs. Langkah pertama yaitu menginstall extension GM Windows Dialogs, caranya begini:



Ekstensi ini menyediakan fitur Input berupa:

wd_input_box(caption,prompt,default)
wd_input_query(caption,prompt,default)
wd_input_query_get_text()

Daripada bingung, lebih baik kita langsung mempraktekannya:

Install extensionnya, lalu buat sebuah object, dan buat event Press Space, lalu isikan kode ini:

wd_input_box("Data","Isi tanggal lahir kamu","1 September 1995")

Maka akan keluar pesan dengan Caption / keterangan bertuliskan "Data", dengan isi pesan "Isi tanggal lahir kamu", dan di kotak input / input box secara otomatis sudah terisi tulisan "1 September 1995"

Kalau kode yang ini:

wd_input_query("Data","Isi tanggal lahir kamu","1 September 1995")

Sekilas tidak berbeda dengan kode tadi, kode ini berfungsi sebagai pertanyaan (sebenarnya sih kode tadi juga bisa, namun saya juga bingung dengan hal ini :P).
Kode tadi akan mengembalikan nilai jika menekan tombol Cancel, namun kode ini akan mengembalikan nilai dengan menggunakan fungsi selanjutnya, artinya harus menggunakan kode lain untuk mengembalikan nilai yang sudah diubah.

Ok, jangan hapus dulu kode tadi, sekarang kita buat event baru, Press Z-Key, dan isikan kode ini:

show_message(wd_input_query_get_text())

Lalu klik play, kemudian tekan spasi dan isi datanya, lalu tekan Z, dan sebuah pesan akan menampilakn data yang kamu isi :)

Ok, good luck, cuma itu tutorial Input Box Dialogs, semoga bermanfaat :D

Game Maker - Mengenal Ekstensi GM Windows Dialogs (Message Dialog)

Sebuah ekstensi yang cukup berguna yang telah lama terpendam kini akan saya perkenalkan, inilah GM Windows Dialogs.

Cara installnya begini:


(Klik gambar untuk memperbesar ukuran gambar)

Fitur yang tersedia dalam ekstensi ini bisa dilihat pada menu Helpnya.

Kini kita akan membahasnya disini. Kita akan mencoba semua fiturnya satu persatu.

Untuk Pesan / Message
Fitur yang tersedia:

wd_message_simple(str) Ini untuk menampilkan pesan dengan tampilan sederhana.
wd_message_set_text(str) Fungsi ini menset teks untuk kotak pesan yang lebih luas dalam dua fungsi berikutnya.
wd_message_show(kind,but,but2,but3) Fungsi ini menunjukkan pesan dengan teks yang disediakan dengan fungsi sebelumnya. Menunjukkan jenis jenis kotak (yang ditunjukkan oleh ikon) sebagai berikut:
wd_mk_none = Tanpa ikon
wd_mk_warning = Ikon peringatan
wd_mk_error = Ikon error
wd_mk_information = Ikon informasi
wd_mk_confirmation = Ikon konfirmasi
Ada bisa sampai tiga tombol. Hal ini ditunjukkan oleh argumen but1, but2 dan but3. Nilai-nilai mereka dapat:
wd_mb_none = Tanpa tombol (digunakan jika ada lebih dari 3 tombol)
wd_mb_ok = Tombol OK
wd_mb_cancel = Tombol Cancel
wd_mb_yes = Tombol Yes
wd_mb_no = Tombol No
wd_mb_abort = Tombol Abort
wd_mb_retry = Tombol Retry
wd_mb_ignore = Tombol Ignore
Mari kita coba satu per satu fitur diatas:
Pertama kita install terlabih dahulu Extension GM Windows Dialog nya (caranya bisa dilihat digambar diatas)
Lalu buat sebuah object, dan buat Event Press Space, lalu isi kode ini:

wd_message_simple("Testing")

Lalu masukan object dalam room dan play. Lihat apa yang terjadi ketika kamu tekan tombol spasi.

Sekarang ubah atau hapus kode tadi dan ganti dengan kode ini:

a = wd_message_set_text("Testing")
wd_message_show(wd_mk_none, wd_mb_ok, wd_mb_none, wd_mb_none)

Sekarang klik play, dan lihat apa yang terjadi setelah tekan spasi.
Tidak ada perubahan dengan yang tadi kan? Itu karena kita hanya memakai tombol OK saja, lihat kode ini:

wd_message_show(wd_mk_none, wd_mb_ok, wd_mb_none, wd_mb_none)

wd_mk_none berarti tombol OK, sedangkan wd_mb_none itu tanpa tombol. Kita hanya menggunakan 1 tombol OK dan 2 tanpa tombol, itu sebabnya tampilan pesan kita hanya 1 tombol.

Sekarang ubah lagi kodenya menjadi kode ini:

a = wd_message_set_text("Testing")
wd_message_show(wd_mk_none, wd_mb_cancel, wd_mb_ignore, wd_mb_abort)

Dan lihat apa yang terjadi?
Cukup jelas bukan?

Coba dengan kode yang ini:

a = wd_message_set_text("Apakah sekarang anda mengerti cara kerja Message Dialog?")
b = wd_message_show(wd_mk_information, wd_mb_yes, wd_mb_no, wd_mb_none)
if b = wd_mb_yes
{
show_message('Siip :)')
}
else
show_message('Jiaah :(')

Pesan memiki ikon informasi. Untuk melihat kode untuk ikon, bisa dilihat di menu Help pada extension atau bisa dibaca diatas (tadi kan sudah diberi tahu, hehe)

Ok, saya rasa cukup tutorial untuk Message Dialog ini, jika ada pertanyaan atau ada saran, silakan koment atau kirim pesan ke Facebook saya :)
Atau juga bisa dengan mengirimnya ke Halaman saya di Facebook.

Selamat mencoba...