Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Kamis, 09 September 2010

Wei Yan

Nama Lengkap: Wei Wenchang
Lahir: A.D. 175
Meninggal: A.D. 234

Wei Yan menjadi salah satu perwira paling senior dari Kerajaan Shu setelah meninggalnya Liu Bei, Guan Yu, Zhang Fei, Huang Zhong dan Ma Chao. Wei Yan adalah jenderal yang menyelamatkan Huang Zhong dari hukuman mati setelah membunuh tuannya, Han Xuan.

Pada saat Guan Yu menyerang kota Changsha, Wei Yan menyerah dan bersedia mengabdi kepada Liu Bei. Meskipun telah menyerah dan bersedia bergabung, Zhuge Liang tidak menyetujui hal itu karena takut menghadapai kenyataan bahwa Wei Yan akan menghianati Liu Bei seperti dia menghianati Han Xuan. Tanpa perlu dikatakan, Liu Bei menerima Wei Yan dan mengatakan bahwa membunuh perwira yang menyerah dapat menjadi contoh jelek dikemudian hari terhadap perwira-perwira musuh yang bersedia menyerah dan mengabdi kepada dirinya.

Pada pertempuran di Hanzhong, Wei Yan dengan keahlian memanahnya berhasil merontokkan dua gigi depan Cao Cao dan sebagai hasilnya, Cao Cao terjatuh dari kuda.

Dengan kematian empat dari Lima Harimau, Zhuge Liang menugaskan Wei Yan pada tugas-tugas penting meskipun mengetahui Wei Yan sangat berambisi dan tidak dapat dipercaya. Zhuge Liang dapat dikatakan sebagai perisai yang membuat Wei Yan tidak berkutik karena pada saat Zhuge Liang meninggal di Wuzhangyuan, Wei Yan memberontak terhadap Kerajaan Shu dan berkeinginan menyerang Kerajaan Wei atas dirinya sendiri. Untungnya Zhuge Liang sudah bersiap sedia sebelum kematiannya dan mengatur agar para pembantu setianya, Ma Dai, Yang Yi dan Jiang Wei, untuk membunuh Wei Yan agar tidak menjadi duri bagi Kerajaan Shu.

Wei Yan berusaha melawan menghadang laju mundur tentara Shu namun dibunuh dari belakang oleh Ma Dai setelah dia menjawab tantangan Yang Yi dengan berteriak “Siapa berani membunuhku?” sebanyak tiga kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar