Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Minggu, 01 Mei 2011

Belajar Buat Game Menggunakan Game Maker PART 2

Di part1 tadi kita sudah buat cara bergerak char kita, sekarang kita akan membuat uangnya, hehe..
OK, buka lagi game tadi (Load), kemudia klik obj_char dan kita edit execute pada Create, tadi kan dir=0 dan image_speed=0, sekarang kamu tambahkan kode:

global.duit=0 //kamu gak punya uang, menyedihkan, haha

Lalu, kita buat sprite lagi, yang mudah saja, kamu langsung saja Edit sprite (stelah Create Sprite), terus tekan ctrl+N, atau klik New (ganti 32x32 jadi 16x16), terus kamu gambar sesuatu yang mirip koin, kamu gambar aja bualatan kuning yang kecil, kalau sudah klik centang hijau, beri nama spr_koin dan jangan lupa Center kan spritenya.

Kemudian Create Object, beri nama obj_koin, dan sprite nya sprite yang tadi kita buat, lalu Add event, dan pilih Collision dan pilih obj_char, lalu dimenu Main 1, kamu seret Destroy Instance (gambar Daur Ulang), dan pilih Self, lalu OK.

Dan di menu Control, masukan execute code lagi dan isi kan kode ini:

global.duit += 1000 //ini semua berarti, jika kamu menyentuh koin, koin akan menghilang, dan kamu dapat uang 1000 rupiah, hehe

Kalau sudah klik centang hijau, dan kita akan membuat uang kita bisa terlihat, atau kita sebut saja Draw. Create Object, beri nama obj_uang, kita gak perlu memberi sprite untuk ini, langsung saja add event dan klik Draw, dan di menu control, isikan kode ini:

draw_text(10,10,string(global.duit)+' Rupiah') //10,10 itu tempatnya, kamu bisa meletakannya di tempat lain, kamu liat saja di room, lalu dekatkan mouse kamu di tempat yang kamu inginkan, lalu lihat dibagian bawah, akan ada 2 nomor pada x dan y, nomor ini lah yang akan kamu letakan di kode ini, nmornya harus x lebih dulu dari pada y

Jika kamu ingin merubah bentuk huruf, warna dan ukuran, kamu terlebih dulu membuat Font nya, (create font di folder font, diatas folder object), setelah itu ganti kodenya menjadi

draw_set_font(font0) //font0 ialah nama font yang kamu buat
draw_set_color(c_red) //ganti red (merah) menjadi warna yang kamu inginkan, kalau blue ya c_blue, kalau black ya c_black
draw_text(10,10,string(global.duit)+' Rupiah')

Bila semuanya sudah selesai, buka room dan letakan obj_koin dan obj_uang, obj_koin kamu letakan yang banyak (biar cepat kaya, hihi), kalau obj_uang 1 saja.

Saya harap ini cukup jelas, karena saya malas mengupload gambar SS nya (Screen Shot), haha.

Tutorial part 3 nya entar sore aja, sudah capek, dari tadi saya pun belum main Ninja Saga ku, haha :P

Belajar Buat Game Menggunakan Game Maker PART 1

Langsung saja, kamu download dulu game maker nya, sekalian cracknya juga, biar game maker yang kita pakai bisa sama, karena tiap versi pada game maker sistem nya berbeda - beda:

Download Game Maker Disini 
Download Cracknya Disini

Cara penggunaan cracknya sangat mudah, kamu tinggal masukan cracknya di tempat folder game maker kamu disimpan, misal kalau game maker kamu ada di C:Program File/game maker, ya kamu taruh disitu juga cracknya, kalau namanya sama, kamu rename saja salah satunya..

OK, kita masuk ke tahap pertama.

Yang kamu butuhkan selanjutnya ialah sprite / gambar, sound dan music, kamu download saja DISINI (password RAR nya: kevin), ini koleksi sprite ku. Kalau sudah download musicnya DISINI. Kita belum mulai menggunakan sound / sound effect, karena untuk permulaan yang kita butuhkan terlebih dahulu adalah sprite & music.

Sekarang buka game maker kamu, lalu di folder Sprite, kamu klik kanan dan klik Create Sprite, lalu Load sprite, buka salah satu sprite yang kamu suka (sprite karakter)












Lalu klik Edit Sprite, dan Select gambar char yang kamu ingin kan, usahakan pilih gambar yang lebih lebar dan tinggi, karna dengan bgitu, kita tidak perlu merubah ukuran gambar yang nantinya ada yang lebih besar dari gambar yang kamu pilih pertama kali:
















Saya memilih gamnbar pertama, karena gambar pertama lebih lebar dari gambar ke2 dan sama lebar dengan gambar ke3

Kalau sudah selesai diselect, kamu copy gambarnya (ctrl+c), lalu pastekan (ctrl+v) di spr_char yang tadi kita buat, saat mempaste gambar ke2, kamu pilih :
















Kalau sudah klik centang hijau pada kiri atas, dan klik Center untuk menetapkan pusat char di tengah (Center ada di bawah Edit Sprite), Ingat, semua sprite harus di Center kan semua, hehe.

Kalau sudah ketiga gambar itu dijadikan 1 (animasi), kamu buat sprite yang lagi jalan kearah kamu, atau ke kanan, atau kekiri (ke kanan dan ke kiri tidak perlu dibuat keduanya, buat salah satu saja)

















Jika sudah dibuat seperti ini, kamu delete saja sprite0, kalau ada perlu, baru kita load lagi, hehe :P.

Sekarang di folder Object, kamu Create Object, lalu beri nama obj_char, dan spritenya, kamu pilih spr_char. Lalu klik Add Event, dan pilih Create, dan dimenu Control, klik Execute Code, dan seret ke kolom Actions,












lalu isikan kode ini:
dir=0 //arahnya nol, nol bkan O, angka bukan huruf
image_speed=0 //awal mula char tidak bergerak

Lalu Add Event lagi, dan klik Step dan klik Step :P

Kemudian seret Execute kode lagi, dan isikan kode ini:
if keyboard_check_direct(vk_up) //jika tekan tombol atas
{ //maka
sprite_index=spr_char //ganti sprite jadi spr_char
y=y-5 //bergerak ke atas, sebanyak 5 (5 apa ya?)
image_speed=0.5 //kecepatannya 0.5 saja
}
if keyboard_check_direct(vk_down) //jika tekan tombol bawah
{
y=y+5 //yang ini +, bkan -
sprite_index=spr_char_kesini //ganti sprite jadi sprite lain
image_speed=0.5
}
if keyboard_check_direct(vk_right) //jika tekan tombol kanan
{
sprite_index=spr_char_kekanan
x=x+5 //kali ini x, bkan y, dan +, bkan -
image_speed=0.5
image_xscale=1 //gambar nyata, tidak terbalik
}
if keyboard_check_direct(vk_left) //jika tekan tombol kiri
{
x=x-5 //kali ini -, bkan +
sprite_index=spr_char_kekanan
image_xscale=-1 //nah, kalau yang ini untuk membuat gambar nya flip, atau terbalik
image_speed=0.5
}


if keyboard_check_released(vk_up) //jika tombol atas dilepas
{ //maka
image_speed=0 //kecepatannya 0, atau tidak bergerak
}
if keyboard_check_released(vk_down)
{
sprite_index=spr_char_kesini
image_speed=0
}
if keyboard_check_released(vk_right)
{
sprite_index=spr_char_kekanan
image_speed=0
image_xscale=1
}
if keyboard_check_released(vk_left)
{
sprite_index=spr_char_kekanan
image_xscale=-1
image_speed=0
}


Lalu klik centang hijau lagi. OK, sekarang save dulu gamenya, biar gak ilang kalau terclose, hehe..

Kalau sudah disave, kamu Create Room di folder room, terus masukan obj_char kamu kedalam room tsb, terserah mau taruh dimana. Lalu klik centang hijau, dan kita play dulu gamenya, klik Run The Game (gambar panah hijau)

Kalau berhasil sialakan tersenyum, kalau tidak berhasil silakan koment, entar saya repair, ok, sekian dulu tutorial dari saya, silakan tunggu tutorial part 2, good bye