Berikut cara membuat loading:
Siapkan 2 buah sprite:
1. Ukuran 32x32, persegi empat dengan warna merah
2. Ukuran 102x32, persegi panjang dengan warna putih (boleh ditambah list pada ujungnya), seperti ini:
Lalu siapkan 2 buah object:
1. object0, dengan sprite1 (sprite yang persegi panjang)
2. object1, tanpa sprite
Tidak perlu menambahkan kode pada object0, kita langsung saja ke object1.
Buat Create event, lalu isi kode ini:
load = 0
alarm[0] = 1
depth = -1 //agar object ini berada di atas object0
Tambah event Alarm 0, dan isi kode ini:
if load < 100{
load += 1
alarm[0] = 1 //untuk memperlambat loading, tinggal meperbesar nilai alarm[0]
}
else if load = 100 load += 0
Pada Step event, isi kode ini:
if load > 100
{
load = 0
//tambah action lain, seperti: masuk ke room selanjutnya,
//atau menambah alarm[1] dulu baru ke room selanjutnya.
}
/* note:
berhubung panjang sprite1 yaitu 102, maka loading harus sampai dengan 100
karena titik x pada object ini berada di object0.x+1, agar garis list pada
sprite1 terlihat.
jadi, jika panjang spritenya = x, maka load ny harus sampai x (atau x-2)
Pada Draw Event isi kode ini:
draw_sprite_stretched(sprite0,0,object0.x+1,object0.y+1,load,30)
//w atau widht nya selebar nilai load, smakin besar nilai load maka akan semakin panjang loadingnya
draw_set_halign(fa_center) //allign center
if load <100 then //jika load kurang dari 100, atau belum selesai loadingnya, maka
draw_text(object0.x+51,object0.y+8,string(load)+'%') //draw text
else if load = 100 then //tapi kalau sdh 100%, maka
draw_text(object0.x+51,object0.y+8,'Loading Complete') //draw_text
/*note:
pada draw text, "object0.x+51" angka 51 berasal dari panjang sprite1
panjang sprite1 yaitu 102, dan tinggi ny 32, maka pada "object0.y+8"
harus di tulis 1/4 dari tinggi sprite, agar text berada di tengah2 loading bar.
Ok, sekarang taruh kedua object tsb dalam room dan play.
Selamat mencoba :)
Ini contoh yang sudah jadi, downlaod DISINI