Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Rabu, 28 Desember 2011

Game Maker - Membuat Loading

Sebenarnya loading tidaklah penting dalam game yang dibuat dengan Game Maker. Namun, untuk membuat game kita terlihat lebih bagus dan pro, maka kita perlu hiasan seperti loading.
Berikut cara membuat loading:

Siapkan 2 buah sprite:
1. Ukuran 32x32, persegi empat dengan warna merah
2. Ukuran 102x32, persegi panjang dengan warna putih (boleh ditambah list pada ujungnya), seperti ini:

Lalu siapkan 2 buah object:
1. object0, dengan sprite1 (sprite yang persegi panjang)
2. object1, tanpa sprite

Tidak perlu menambahkan kode pada object0, kita langsung saja ke object1.
Buat Create event, lalu isi kode ini:

load = 0
alarm[0] = 1
depth = -1 //agar object ini berada di atas object0

Tambah event Alarm 0, dan isi kode ini:

if load < 100{
load += 1
alarm[0] = 1 //untuk memperlambat loading, tinggal meperbesar nilai alarm[0]
}
else if load = 100 load += 0

Pada Step event, isi kode ini:

if load > 100
{
load = 0
//tambah action lain, seperti: masuk ke room selanjutnya,
//atau menambah alarm[1] dulu baru ke room selanjutnya.
}

/* note:
berhubung panjang sprite1 yaitu 102, maka loading harus sampai dengan 100
karena titik x pada object ini berada di object0.x+1, agar garis list pada
sprite1 terlihat.
jadi, jika panjang spritenya = x, maka load ny harus sampai x (atau x-2)

Pada Draw Event isi kode ini:

draw_sprite_stretched(sprite0,0,object0.x+1,object0.y+1,load,30)
//w atau widht nya selebar nilai load, smakin besar nilai load maka akan semakin panjang loadingnya

draw_set_halign(fa_center) //allign center
if load <100 then //jika load kurang dari 100, atau belum selesai loadingnya, maka
draw_text(object0.x+51,object0.y+8,string(load)+'%') //draw text
else if load = 100 then //tapi kalau sdh 100%, maka
draw_text(object0.x+51,object0.y+8,'Loading Complete') //draw_text

/*note:
pada draw text, "object0.x+51" angka 51 berasal dari panjang sprite1
panjang sprite1 yaitu 102, dan tinggi ny 32, maka pada "object0.y+8"
harus di tulis 1/4 dari tinggi sprite, agar text berada di tengah2 loading bar.

Ok, sekarang taruh kedua object tsb dalam room dan play.

Selamat mencoba :)

Ini contoh yang sudah jadi, downlaod DISINI