Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Selasa, 16 Agustus 2011

Membuat Loading Pada Game Maker

Sudah lama gak update tutorial untuk Game Maker nih, hehe. Sekarang saya mau berbagi cara untuk membuat Loading. Padahal saya barusan saja membuat Loading ini, dan langsung saja saya posting di blog ku ini.

Ok, dalam hal ini, saya tidak menggunakan sprite, karena yang terpenting adalah script dan caranya. tapi kamu bisa menambahkan sprite dan background yang bagus agar game kamu terlihat menarik.

Baiklah, pertama kamu buat dulu 1 object, beri nama obj_loading. Pada Create event, beri kode ini:

load = 0 //loading
draw = '' //tulisan yang akan dibuat saat loading
alarm[0] = 3 //waktu untuk menambah Loading nya = 3.
//semakin besar angkanya maka akan semakin lama loadingnya

Pada Step event, beri kode ini:

if load > 0 //jika loadingnya lebih dari 0
{ //maka
draw = 'Loading Game Data' //tulisan ini yang akan ditampilkan
}

if load > 15
{
draw = 'Loading Music'
}

if load > 30
{
draw = 'Loading Background'
}

if load > 45
{
draw = 'Loading Menu'
}

if load > 60
{
draw = 'Loading Character'
}

if load = 100
{
draw = 'Loading Complete'
}

if load > 100 //jika loading sudah 100
{ //maka
load = 100 //loading tetap akan 100
sleep(1000) //berhenti sejenak
show_message('By Kevin Blaze Coolerz') //keluar pesan ini
link = get_string('Visit My Blogspot:#*Copy this link',"http://www.kevin-blaze-coolerz.blogspot.com/")
game_end()
}

Pada event alarm[0], beri kode ini:

load += 1; //Loadingnya bertambah 1
alarm[0] = 3 //ini untuk mengulang alarmnya lagi, agar loading terus bertambah

Pada Draw event, beri kode ini:

draw_text(x,y,string(load)+'%'+'#'+string(draw)); //ini untuk menampikan loading dan tulisan loadingnya

Dan tinggal masukan obj_loading ke room dan play. Maka kamu akan melihat hasilnya

*UPDATE:
Agar menarik, saya akan memberi sprite, hehehe, padahal tadi ngomong gak pakai sprite.

Buatlah 1 sprite dengan ukuran 100x16 (berbentuk persegi panjang) dan diberi warna merah, beri nama spr_loading.
Lalu buat 1 object lagi dengan nama obj_loading_image, dan buat Draw event, lalu beri kode ini:

draw_sprite_stretched(spr_loading,0,x,y,obj_loading.load,10) //Ini bertujuan untuk membuat Spritenya menjadi sama dengan loading

Dan silakan dicoba hasilnya. Tapi jangan lupa untuk memasukan obj_loading_image ke room

Note: mungkin ada yang masih bingung dengan kode '#' pada draw event. Itu berfungsi sama seperti Enter, jadi tulisan yang diberi itu akan ditampilkan dibawah tulisan sebelumnya.

Untuk contoh aslinya, bisa download disini:

Download File GMK nya