Nah, sekarang saya akan berbagi info cara membuat musuhnya...
Awalnya kamu buat dulu sprite musuhnya (beri nama spr_musuh), saya akan membuat musuhnya menggunakan sprite ini
Entar set posisinya buka Center, tapi kamu set posisinya di bagian kepalanya. Setelah itu, buat objectnya (beri nama obj_musuh), lalu add event, create, dan masukan kode ini:
image_speed = 0
direction=random(360) //arahnya bisa kemana saja
speed=random(2) //kita set speednya secara ransom, kamu bisa menghapusnya kalau tidak membutuhkan ini
darahmusuh=100 //darah musuhnya 100
lihat=0 //variable ini akan memberi tau musuh jika telah melihat kita
alarm[0]=10 //alarm di set 0 sampai 10
Lalu add event, Alarm0, dan masukan kode ini:
direction=random(360) //buat musuh ke arah lainnya
speed=random(2)
if speed<=1 then speed=2 // membuat musuh tidak diam saja
if lihat=0 //jika musuh tidak bisa melihat kita, lanjutkan roamingnya
{
alarm[0] = random(250) //buat alarm menjadi random valuenya
}
Lalu di Step event, masukan kode ini:
image_angle=direction //bertatap ke arah kita
if distance_to_object(obj_char)< 50 //jika jarak nya kurang dari 500 pixel
{
lihat=1 //musuh melihat kita
direction=point_direction(x,y,obj_char.x,obj_char.y) //membuat msuh berjalan ke arah kita
}
else lihat=0 and alarm[0]=random(250) // jika kita tidak kurang dari 500 pixel dari msuh, msuh tidak melihat kita, dna lanjutkan roamnya
if darahmusuh <=0 //jika darah msuh kurang dari atau sama dengan 0
{
instance_destroy() //msuh akan hilang / hancur
global.duit += 5000 // uang mu bertambah 5000
}
Lalu Add event, pilih collision dan pilih obj_char, lalu isikan kode ini:
var dir;
dir=point_direction(x,y,other.x,other.y)-180
x+=lengthdir_x(1,dir)
y+=lengthdir_y(1,dir)
Kode ini untuk event collision dengan obj_listrik:
darahmusuh -= 30 // darah msuh brkurang 30, buat saja 3 juta, kan yang buat gamenya kamu, hahaha
Kode ini untuk event collision dengan obj_musuh:
var dir;
dir=point_direction(x,y,other.x,other.y)-180
x+=lengthdir_x(1,dir)
y+=lengthdir_y(1,dir)
Kemudian Add event lagi, dan seret Wrap event (ada di menu Move), lalu set menjadi In Both Directions
Dan yang terakhir, add event, pilih draw, lalu isikan kode ini:
draw_sprite_ext(sprite_index,-1,x,y,1,1,direction,c_white,1)// Draw spritenya
texture_set_interpolation(1)//kita buat musuh terlihat lebih bagus, tanpa pixel
Ooh, iya, pada obj_peluru, tambahkan juga event collision dengan obj_musuh, lalu seret Destroy the instance (pada menu main1).
Kalau sudah selsai, save dan coba gamenya, kalau ada error atau ada yang ingin kamu tambahkan / saran, koment aja disini atau kirim pesan ke FB ku, sekian dulu tutorial tentang cara membuat musuh, di tutorial selanjutnya, kita akan membuat darah char kita..
7 komentar:
Makasih infonya!
@VJmaster: ok, sama"
bang serem musuh nya zobie ada yang lain gak
bang error muncul tulisan kaya dibayah
___________________________________________
ERROR in
action number 1
of Step Event
for object obj_musuh:
Error in code at line 6:
direction=point_direction(x,y,obj_char.x,obj_charr.y) //membuat msuh berjalan ke arah kita
^
at position 43: Unknown variable obj_charr
ooh maaf, terjadi kesalahan penulisan, bukan "obj_charr" tpi "obj_char"
coba ganti script di Step event pada obj_musuh
pada script di atas, coba hapus 1 "r" nya :D
cara kita nyerang ke musuhnya gimana gan. . .
truz maksudnya "obj_peluru" itu apa. .
Daftar di www.gmindo.forumid.net
saya jarang online di blog, jadi susah untuk saling bertanya jawab :)
Posting Komentar