Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Minggu, 08 Mei 2011

Game Maker: Cara Membuat Musuh Pada Game

Nah, sekarang saya akan berbagi info cara membuat musuhnya...
Awalnya kamu buat dulu sprite musuhnya (beri nama spr_musuh), saya akan membuat musuhnya menggunakan sprite ini





Entar set posisinya buka Center, tapi kamu set posisinya di bagian kepalanya. Setelah itu, buat objectnya (beri nama obj_musuh), lalu add event, create, dan masukan kode ini:

image_speed = 0
direction=random(360) //arahnya bisa kemana saja
speed=random(2) //kita set speednya secara ransom, kamu bisa menghapusnya kalau tidak membutuhkan ini
darahmusuh=100 //darah musuhnya 100
lihat=0 //variable ini akan memberi tau musuh jika telah melihat kita
alarm[0]=10 //alarm di set 0 sampai 10

Lalu add event, Alarm0, dan masukan kode ini:

direction=random(360) //buat musuh ke arah lainnya
speed=random(2)
if speed<=1 then speed=2 // membuat musuh tidak diam saja

if lihat=0 //jika musuh tidak bisa melihat kita, lanjutkan roamingnya
{
alarm[0] = random(250) //buat alarm menjadi random valuenya
}


Lalu di Step event, masukan kode ini:

image_angle=direction //bertatap ke arah kita

if distance_to_object(obj_char)< 50 //jika jarak nya kurang dari 500 pixel
{
lihat=1 //musuh melihat kita
direction=point_direction(x,y,obj_char.x,obj_char.y) //membuat msuh berjalan ke arah kita
}

else lihat=0 and alarm[0]=random(250) // jika kita tidak kurang dari 500 pixel dari msuh, msuh tidak melihat kita, dna lanjutkan roamnya

if darahmusuh <=0 //jika darah msuh kurang dari atau sama dengan 0
{
instance_destroy() //msuh akan hilang / hancur
global.duit += 5000 // uang mu bertambah 5000
}

Lalu Add event, pilih collision dan pilih obj_char, lalu isikan kode ini:

var dir;
dir=point_direction(x,y,other.x,other.y)-180

x+=lengthdir_x(1,dir)
y+=lengthdir_y(1,dir)

Kode ini untuk event collision dengan obj_listrik:

darahmusuh -= 30 // darah msuh brkurang 30, buat saja 3 juta, kan yang buat gamenya kamu, hahaha

Kode ini untuk event collision dengan obj_musuh:

var dir;
dir=point_direction(x,y,other.x,other.y)-180

x+=lengthdir_x(1,dir)
y+=lengthdir_y(1,dir)

Kemudian Add event lagi, dan seret Wrap event (ada di menu Move), lalu set menjadi In Both Directions

Dan yang terakhir, add event, pilih draw, lalu isikan kode ini:

draw_sprite_ext(sprite_index,-1,x,y,1,1,direction,c_white,1)// Draw spritenya
texture_set_interpolation(1)//kita buat musuh terlihat lebih bagus, tanpa pixel


Ooh, iya, pada obj_peluru, tambahkan juga event collision dengan obj_musuh, lalu seret Destroy the instance (pada menu main1).

Kalau sudah selsai, save dan coba gamenya, kalau ada error atau ada yang ingin kamu tambahkan / saran, koment aja disini atau kirim pesan ke FB ku, sekian dulu tutorial tentang cara membuat musuh, di tutorial selanjutnya, kita akan membuat darah char kita..

7 komentar:

VJmaster mengatakan...

Makasih infonya!

Kevin Blaze Coolerz mengatakan...

@VJmaster: ok, sama"

Anonim mengatakan...

bang serem musuh nya zobie ada yang lain gak

iban-117 mengatakan...

bang error muncul tulisan kaya dibayah

___________________________________________
ERROR in
action number 1
of Step Event
for object obj_musuh:

Error in code at line 6:
direction=point_direction(x,y,obj_char.x,obj_charr.y) //membuat msuh berjalan ke arah kita
^
at position 43: Unknown variable obj_charr

Kevin Blaze Coolerz mengatakan...

ooh maaf, terjadi kesalahan penulisan, bukan "obj_charr" tpi "obj_char"

coba ganti script di Step event pada obj_musuh
pada script di atas, coba hapus 1 "r" nya :D

Unknown mengatakan...

cara kita nyerang ke musuhnya gimana gan. . .
truz maksudnya "obj_peluru" itu apa. .

Kevin Blaze Coolerz mengatakan...

Daftar di www.gmindo.forumid.net

saya jarang online di blog, jadi susah untuk saling bertanya jawab :)

Posting Komentar