Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Selasa, 10 Mei 2011

Game Maker: Cara Membuat Darah Pada Char

Sekarang kamu buat 1 sprite, ukurannya 96x16, lalu beri warna merah tua, center kan dan beri nama spr_hp... lalu buat obj_hp, pada create event, isi kode ini:

darah = 100 //darah kamu = 100

Pada step event, isi kode ini:

if position_meeting(obj_char.x,obj_char.y,obj_musuh) //jika obj_char bertemu obj_musuh
{
darah -= 10 //darah berkurang 10
}

Dan pada Draw event, isi kode ini:

draw_sprite_stretched(spr_hp,0,x,y,darah,6) //ini untuk menampilkan darahnya

Dan langkah terakhir, letakan obj_hp pada room, terserah mau di letakkan dimana, karena letak darahnya sudah kita set, yaitu di koordinat x,y (10,40), lalu jika kamu mau membuat Live nya berkurang saat darahnya habis, kamu tinggal tambahkan ini pada create event di obj_hp:

nyawa = 3 //nyawa kamu ada 3

Dan pada step event, tambahkan / buat kode baru lagi:

if darah <= 0 //jika darah kamu kurang dari sama dengan 0
{
nyawa -= 1 //nyawa berkurang 1
darah = 100 //darah kamu full lagi
x =80
y= 112 //kamu akan memulai gamenya lagi di 80,112, kamu bisa set tempatnya dimana saja, cukup ubah x dan y nya
}
if nyawa < 0 //jika nyawa kamu kurang dari 0
{
show_message('Game Over')
room_restart() //game akan restart
}

x=view_xview+10; //
y=view_yview+40; //kode inilah yang men-setting letaknya


Dan pada bagian draw, tambahkan kode / buat kode baru:

draw_text(x,y+20,'Live: '+string(nyawa))

Ooh iya, agar musuhnya tidak keluar room, kamu tambahkan saja kode yang sudah di berikan pada obj_char, yaitu:

if x > room_width x = room_width;
if x < 0 x = 0;
if y > room_height y = room_height;
if y < 0 y = 0;

Isi kode ini pada step event pada obj_musuh...

Dan untuk memperkeren tampilan darah, nyawa dan uang, kamu tambahkan saja spritenya (sprite untuk obj_hp), kamu buat saja spr_hub, dan gambarnya cukup gambar dengan warna polos, saya menggunakan warna abu abu, dengan ukuran 120x80, dan kamu tidak perlu men-centerkan spritenya, kamu set x = 10, y = 40 (sesuai dengan letak obj_hp nya), lalu langkah terakhirnya, pada obj_hp, kamu set depth nya menjadi 5 (depth ada di bawah nama, di bawah sprite, di bawah visible dan solid), dan di Draw event, kamu masukan draw sprite (pada menu Draw), dan set menjadi spr_hub, x, y, 0,, lalu kamu pindahkan event itu keatas, dengan cara seret execute code ke arah bawah draw sprite, sehingga menjadi seperti ini:













Kemudian ubah depth pada obj_uang menjadi 4, ini bertujuan agar obj_hp dan obj_uang bisa membelakangi obj_char dan obj_lainnya...

OK, sekian tutorial tentang cara membuat darah pada char, entar kita buat darah untuk musuh :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar