Lalu di folder background, create background dan masukan 1 gambar sebagai backgroundnya, atau kamu buat aja gambarnya sendiri, buat gambar hijau polos, itu akan terlihat seperti rumput, kalau sudah klik centang hijau. lalu kita berahli ke obj_char, kita add event lagi, lalu pilih Other, dan pilih Game Start.
Lalu di menu Main 1, seret Play Sound, lalu masukan nama sound yang tadi kamu buat, dan pada Loop, kamu ganti jadi True.
OK, kita buka room kita lagi, lalu ikuti langkah seperti gambar ini, hehe:
Klik gambar nya untuk memperbesar ukuran gambar
Kalau backgroundnya sudah jadi, kita buat charnya bisa menembak, nih pelurunya, silakan save dulu:
Cara save gambarnya tinggal klik kanan pada gambar, terus save image as.
OK, di folder sprite, Load gambar ini, terus beri nama spr_listrik, dan center kan spritenya. Kalau sudah, buat objectnya, dan beri nama obj_listrik, lalu add event, pilih other, pilih outside room, dan seret Instance Destroy (di Main 1), pilih self, dan OK, dan pada Step event, tambahkan kode ini:
if (x
// ini bertujuan agar pelurunya hancur jika peluru sudah keluar dari view / layar yang kita lihat
Sekarang kita buka obj_char, klik add event, lalu pilih Key Press, dan di bagian Letter, pilih D, seret execute kode dan masukan kode ini:
Oh iya, ada yang perlu di edit, di bagian Step, itu di tambahkan 'dir' nya, kamu delete saja kode yang di step, lalu ganti jadi begini:
if keyboard_check_direct(vk_up) //jika tekan tombol atas
{ //maka
sprite_index=spr_char //ganti sprite jadi spr_char
y=y-5 //bergerak ke atas, sebanyak 5 (5 apa ya?)
image_speed=0.5 //kecepatannya 0.5 saja
dir = 180
}
if keyboard_check_direct(vk_down) //jika tekan tombol bawah
{
y=y+5 //yang ini +, bkan -
sprite_index=spr_char_kesini //ganti sprite jadi sprite lain
image_speed=0.5
dir = 0
}
if keyboard_check_direct(vk_right) //jika tekan tombol kanan
{
sprite_index=spr_char_kekanan
x=x+5 //kali ini x, bkan y, dan +, bkan -
image_speed=0.5
image_xscale=1 //gambar nyata, tidak terbalik
dir = 90
}
if keyboard_check_direct(vk_left) //jika tekan tombol kiri
{
x=x-5 //kali ini -, bkan +
sprite_index=spr_char_kekanan
image_xscale=-1 //nah, kalau yang ini untuk membuat gambar nya flip, atau terbalik
image_speed=0.5
dir = 270
}
if keyboard_check_released(vk_up) //jika tombol atas dilepas
{ //maka
image_speed=0 //kecepatannya 0, atau tidak bergerak
dir = 180
}
if keyboard_check_released(vk_down)
{
sprite_index=spr_char_kesini
image_speed=0
dir = 0
}
if keyboard_check_released(vk_right)
{
sprite_index=spr_char_kekanan
image_speed=0
image_xscale=1
dir = 90
}
if keyboard_check_released(vk_left)
{
sprite_index=spr_char_kekanan
image_xscale=-1
image_speed=0
dir = 270
}
Kode nya cuma di tambahkan dir nya...
{
vspeed=+30 //kecepatan nya 30
}
if obj_char.dir = 180 //menghadap belakang, atau 180 derajat
{
vspeed=-30
}
if obj_char.dir = 90
{
hspeed=+30
}
if obj_char.dir = 270
{
hspeed=-30
}
Sekarang kamu bisa mencoba game nya, tekan tombol D untuk menembak. OK, Good Luck :)
5 komentar:
hmmm saya mau tanya dek :)
mz kn baru belajar GM 8 nih dari sampean
ilustrasi:
1. saya hadap kanan dan menggeluarkan listrik.
2. sewaktu listrik blm sampe instance_destroy(), saya menghadap ke kiri dan mengeluarkan listrik lagi.
nah problemnya, listrik yg saya keluarkan pertama kali (ke kanan), sekarang ngikut listrik ke 2 (ke kiri) jadi semua ke kiri
itu gimana cara benerinnya? apa masalah dirnya?
thx bgt ya ^^
hehe, itu namanya Bug / kesalahan,, itu bisa dibeneri kok..
iy, itu msalah dir ny,, tdi gak sempet cek lgi klu ad bug ginian, hehehe.. ini sih sulit untuk di beneri,, tpi entar saya cari solusinya. Untuk sementara mas bsa tambah speed obj_listriknya, biar obj nya bisa destroy duluan tanpa harus ketahuan bug nya :P
trima kasih sudah berkunjung :)
gan tolong ane dong, characternya gak bisa gerak.
itu kan tinggal copy paste aja kodenya, dan jangan malas untuk membaca keseluruhan isi tutorialnya, karena setiap kode memilik penempatannya masing2 / eventnya :)
Sip, Tapi qo Nembaknya dari atas, [Maksudnya Bukan dari Spiritnya]
Posting Komentar