Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Minggu, 01 Mei 2011

Belajar Buat Game Menggunakan Game Maker PART 2

Di part1 tadi kita sudah buat cara bergerak char kita, sekarang kita akan membuat uangnya, hehe..
OK, buka lagi game tadi (Load), kemudia klik obj_char dan kita edit execute pada Create, tadi kan dir=0 dan image_speed=0, sekarang kamu tambahkan kode:

global.duit=0 //kamu gak punya uang, menyedihkan, haha

Lalu, kita buat sprite lagi, yang mudah saja, kamu langsung saja Edit sprite (stelah Create Sprite), terus tekan ctrl+N, atau klik New (ganti 32x32 jadi 16x16), terus kamu gambar sesuatu yang mirip koin, kamu gambar aja bualatan kuning yang kecil, kalau sudah klik centang hijau, beri nama spr_koin dan jangan lupa Center kan spritenya.

Kemudian Create Object, beri nama obj_koin, dan sprite nya sprite yang tadi kita buat, lalu Add event, dan pilih Collision dan pilih obj_char, lalu dimenu Main 1, kamu seret Destroy Instance (gambar Daur Ulang), dan pilih Self, lalu OK.

Dan di menu Control, masukan execute code lagi dan isi kan kode ini:

global.duit += 1000 //ini semua berarti, jika kamu menyentuh koin, koin akan menghilang, dan kamu dapat uang 1000 rupiah, hehe

Kalau sudah klik centang hijau, dan kita akan membuat uang kita bisa terlihat, atau kita sebut saja Draw. Create Object, beri nama obj_uang, kita gak perlu memberi sprite untuk ini, langsung saja add event dan klik Draw, dan di menu control, isikan kode ini:

draw_text(10,10,string(global.duit)+' Rupiah') //10,10 itu tempatnya, kamu bisa meletakannya di tempat lain, kamu liat saja di room, lalu dekatkan mouse kamu di tempat yang kamu inginkan, lalu lihat dibagian bawah, akan ada 2 nomor pada x dan y, nomor ini lah yang akan kamu letakan di kode ini, nmornya harus x lebih dulu dari pada y

Jika kamu ingin merubah bentuk huruf, warna dan ukuran, kamu terlebih dulu membuat Font nya, (create font di folder font, diatas folder object), setelah itu ganti kodenya menjadi

draw_set_font(font0) //font0 ialah nama font yang kamu buat
draw_set_color(c_red) //ganti red (merah) menjadi warna yang kamu inginkan, kalau blue ya c_blue, kalau black ya c_black
draw_text(10,10,string(global.duit)+' Rupiah')

Bila semuanya sudah selesai, buka room dan letakan obj_koin dan obj_uang, obj_koin kamu letakan yang banyak (biar cepat kaya, hihi), kalau obj_uang 1 saja.

Saya harap ini cukup jelas, karena saya malas mengupload gambar SS nya (Screen Shot), haha.

Tutorial part 3 nya entar sore aja, sudah capek, dari tadi saya pun belum main Ninja Saga ku, haha :P

3 komentar:

Anonim mengatakan...

gan knapa gambarnya tidak bergerak

Unknown mengatakan...

cuy,
gambar SS'a mn. . .
dah w tunggu dari dulu kok gak ada terus. . .
w kan baru belajar,
gak ngerti apa-apa. .
:)

Kevin Blaze Coolerz mengatakan...

@anonim: maaf, saya membuat posting ini sambil mempraktekan scriptnya, dan kalo gambarnya gak gerak, berarti ada yang salah dgn cara kerja anda :D
@ikram: silakan bergabung di www.gmindo.forumid.net

Saya tunggu kedatangannya :D silakan bertanya jawab sambil belajar di forum tsb :)

Posting Komentar