Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Senin, 02 Mei 2011

Game Maker: Cara Membuat Room Menjadi Luas Dan Char & Obj_uang Tidak Bisa Keluar Room

Game RPG yang saya posting cuma sampai PART 3, selanjutnya kamu bisa memperlajari dan mengembangkan game yang kamu buat melalui tutorial tutorial yang saya post.

Berikut cara untuk memperluas room kamu, tapi tidak sekedar luas, perlu ada beberapa settingan lagi untuk membuatnya sempurna, berikut caranya?

Pada Room, kamu klik Tab Settings, lalu set Width dan Height nya sesuai dengan apa yang kamu mau, width berarti lebar room, sedangkan height berarti tinggi room, kamu bisa berbahasa inggris kan? hehe. Saya set luasnya 1500x1500 saja...

Terus kamu klik Tab Views, lalu centang Enable to use views dan Visible when room start, lalu pada Object Following, kamu set menjadi char kamu (obj_char), dan di bagian bawahnya lagi, isi ini:

Hbor = 320
Vbor = 220














Ini maksudnya agar char kita berada di tengah tengah layar saat berjalan di room yang luas, kamu bisa merasakan efeknya setelah mencobanya. Dan coba kamu tidak mengisi angka di bagian Hbor dan Vbor, perbedaannya akan sangat terasa :)...

Ada 1 bug yang harus di fix, yaitu bagian uangnya, jika kamu berjalan kekanan atau ke bawah, entar uang nya gak terlihat lagi, cara untuk membuat uangnya terlihat, cukup memasukan kode ini di bagian step obj_uang itu (masih ingatkan cara menambahkan event step?):

x=view_xview+10; //obj_uang akan selalu berada di koordinat x + 10
y=view_yview+10; //obj_uang akan selalu berada di koordinat y + 10

Jika kamu melakukan hal ini, kamu harus merubah bagian yang lain, atau kode ini tidak work, yang perlu kamu ubah ada Draw pada obj_uang, kamu ganti 10,10 itu manjadi x,y, sehingga kodenya menjadi:

draw_text(x,y,string(global.duit)+' Rupiah')

Dan agar char kita tidak keluar dari room, masukan kode ini di step atau di begin step, lebih baik buat di execute kode yang baru / seret lagi execute kodenya lagi:

if x > room_width x = room_width;
if x < 0 x = 0;
if y > room_height y = room_height;
if y < 0 y = 0;
//saya kurang mengerti dengan kode ini, hehe, sebab saya dapat kode ini dari orang lain

Sekian tutorial tentang Cara Membuat Room Menjadi Luas Dan Char & Obj_uang Tidak Bisa Keluar Room, jika ada bug / error / hal yang ingin kamu tanyakan / hal lain yang ingin kamu pelajari, langsung saja kontak dengan saya melalui koment kamu, atau inbox ke FB ku :) semoga tutorial ini bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar