Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Sabtu, 31 Desember 2011

Tutorial Game Maker Bagi Pemula [Part 3]

Di part 3 ini, kita akan membahas tentang fungsi-fungsi pada D&D atau DnD atau Drag and Drop (artinya: seret dan letakan)
Inilah yang dimaksud dengan D&D:



Untuk merubah D&D Menjadi script, bisa menggunakan software The Ultimate D&D to GML Converter, download DISINI.

Disebut D&D karena ikon-ikon tsb bisa kita klik dan seret / drag dan kita taruh / drop di kolom Action.
Maka jangan heran dan bingung ketika kamu melihat tulisan D&D pada forum Game Maker Community.

Sekarang kita akan sedikit membahas tentang D&D, jadi bukalah file yang kemarin disave, atau jika tidak disave, maka buatlah sebuah sprite dengan ukuran 32x32, berbentuk persegi dan berwarna hitam.
Lalu buat sebuah object dengan nama obj_test, lalu gunakanlah sprite tadi sebagai sprite objectnya. Langsung membuat sebuah room, dan taruh obj_test didalamnya.

Pada obj_test. Buat sebuah event Key Press, dan pilih yang Spasi.
Lalu seret dan letakan fungsi Display Message (ada di Tab main2)



Isikan kata Pause. Lalu Ok, dan jalankan gamenya.
Ketika kamu menekan tombol spasi, maka akan keluar pesan yang bertuliskan Pause atau sesuai dengan kata yang kita tulis tadi.

Sekarang hapus fungsi Display Message tadi, dan ganti dengan Execute Code (ada di Tab Control), dan ketik kode ini:

show_message('Pause')

Lalu jalankan gamenya. Hasilnya sama saja dengan D&D, tapi ini menggunakan script. Jadi sekarang kita mengetahui bahwa fungsi D&D Display message sama dengan show_message()
Tapi perlu diingat, bahwa kode show_message() memiliki syarat, yaitu pada string harus memiliki tanda kutip untuk menandakan bahwa teks tsb adalah string. Contohnya:

testing, tulis show_message('testing') atau show_message("testing")
Jadi, kita boleh menggunakan kutip satu ataupun kutip dua, asal jangan menggunakan kutip satu pada awal dan kutip dua pada akhir, seperti ini:

show_message('testing") //ini contoh kode yang salah !

Tapi kamu boleh menggunakan ini juga:

show_message('testing kutip1'+"testing kutip2")

Tanda + menandakan adanya tambahan string baru, jadi intinya kita dapat menambahkan string dengan tanda + tsb. Tapi jika kita menyertakan string dalam bentuk variable juga.
Artinya jika begini show_message('testing kutip1'+"testing kutip2"), kita tidak perlu menggunakan string tambahan, cukup menggunakan satu bagian saja. Kecuali jika bentuknya seperti ini:

show_message('testing kutip1'+string(testing)+"testing kutip2")

Ada kata string(testing) pada kode, itu berarti suatu sebuah variable yang dijadikan string.
Contoh: (silakan diikuti)

Pada Create event, isi kode ini pada execute code:

testing1 = "testing satu"
testing2 = 2

Pada event Key Press Spasi tadi, ubah scriptnya jadi begini:

show_message("Testing "+string(testing1)+' '+string(testing2)+"#testing 123") //tanda # merupakan Enter pada kode ini

Maka pesan akan menampilkan pesan ini:

Testing testing satu 2
testing 123

note:
testing 123 ada dibawah karena adanya Enter / tanda #

Bukankah itu sesuai dengan apa yang kita ketik tadi?

Saya rasa untuk fungsi itu sudah cukup. Untuk mempelajarinya lebih lanjut tentang membuat tampilan pesan, bisa KESINI.

Sekarang kita akan merubah event Key Press Spasi menjadi kode.
Pada Step event, ketik kode ini pada execute code:

if keyboard_check_pressed(vk_space)
then show_message("Testing "+string(testing1)+' '+string(testing2)+"#testing 123") //tanda # merupakan Enter pada kode ini

*Jika terdapat kode lain pada Step event, maka ketik kode ini dibagian paling bawah, atau paling atas. Atau bisa membuat sebuah execute kode lagi untuk kode ini.

Lalu jalankan game, ketika kamu menekan tombol spasi, maka teks yang sama akan muncul. Jadi kita tidak perlu menggunakan eventnya jika dianggap tidak perlu :P

Untuk tombol spasi, control, alternatif, enter, dll, bisa menggunakan kode vk_

contohnya: enter = vk_enter, spasi = vk_space

Tapi untuk huruf, bukan menggunakan vk_, melainkan ord(' '),
contoh: ord('A'), ord("K")

Hurufnya harus huruf kapital.
Contoh dalam kode: keyboard_check_pressed(ord('K'))

Jangan takut untuk menggunakan banyak tanda kurung atau () dan tanda {} dalam membuat script.

Untuk kode script lainnya bisa kamu pelajari menggunakan software yang ada diatas. Cobalah untuk mengconvert semua D&D dan mempelajarinya.
Ingat, semua fungsi dalam D&D ada dalam script, hanya pengalaman dan percobaan yang akan membuatmu menemukan hal baru :)

Sekian dulu part 3 ini, di part 4 kita akan membahas tentang logika. Bersiaplah :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar