Selalu tampilan diatas yang selalu kita lihat di Game Maker, tapi kini tidak, setelah membaca tutorial ini, saya jamin Anda tidak akan melihat tampilan itu lagi dalam game anda.
Ok, pertama kita buat sprite dan background untuk tampilan pesannya.
Saya menggunakan sprite (non-animasi) berukuran 60x32, dan saya menggunakan gradien untuk menciptakan warna spritenya (gambarnya bisa dilihat dibawah).
Untuk backgroundnya, kita bisa menggunakan texture polos maupun bercorak, tapi jika kita menggunakan texture polos (seperti pada gambar), kita bisa menggunakan ukuran 32x32 atau 64x64 (artinya lebih hemat), tapi perlu script tambahan untuk itu, dan ukurannya statis (tidak berubah-ubah sesuai panjang pendeknya pesan). Dan jika kita membuat ukuran backgrounnya sebesar ukuran room kita, maka tidak perlu script tambahan dan ukurannya dinamis (kecuali lebarnya, untuk hal ini, lebih baik kita menggunakan ukuran 320x240).
Sekarang lihat gambar dibawah:
Setelah sprite dan background jadi, kini kita akan membuat Scriptnya. Klik menu Resource dan pilih Create Script, untuk nama script terserah anda, saya menggunakan nama sc_message. Lalu isikan kode ini:
message_background(bc1) //backgrounnya
message_button(sp1) //tombolnya
message_button_font('Times New Roman',0,c_red,0) //untuk tombolnya, style 0 artinya regular, 1 artinya bold, 2 artinya huruf miring
message_input_font('Times New Roman',0,c_blue,0) //untuk inputnya
message_text_font('Times New Roman',0,c_red,0) //untuk pesannya
message_mouse_color(c_aqua) //saat tombolnya ketemu mouse, maka tulisan OK nya berubah warna
Jika sudah, buat sebuah object (bila belum ada object), atau bisa langsung memasukan scriptnya dalam Create event (lihat gambar)
Dalam contohnya, saya menggunakan tombol spasi untuk menampilkan text, kodenya ini:
show_message('Bosan dengan tampilan begini?#Mari kita berkreasi :)')
Kemudian objectnya dimasukan dalam room, lalu play, dan hasilnya begini:
Untuk hasil yang sudah jadi, silakan download DISINI
Selamat mencoba :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar