Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Minggu, 22 Januari 2012

Game Maker - Membuat Fitur Pause Dengan instance_deactivate_all()

Ternyata dengan menggunakan instance_deactivate_all(notme) kita bisa membuat fitur pause. Padahal selama ini saya menggunakan show_message() sebagai pause nya, hehe.

Ok, kita langsung saja masuk ke topik.
Pertama, buat sebuah sprite, dengan ukuran 32x32 berwarna hitam polos, seperti ini:


Lalu kita buat sebuah pergerakan untuk benda hitam ini. Dengan cara membuat Path. Buatlah path dengan sembarang bentuk, saya membuat seperti ini:



Tidak perlu sama persis dengan gambar yang dibuat.
Sekarang buat sebuah object, dan gunakan sprite hitam tadi sebagai sprite objectnya. Lalu pada Create event, gunakanlah path tsb.



Dan buatlah sebuah object lagi dengan nama obj_pause. Pada create event, masukan kode ini:

pause = 0

Pada Step event, masukan kode ini:

if pause = 1 instance_deactivate_all(true)
else if pause = 0 instance_activate_all()

Pada event Keypress Space, masukan kode ini:

if pause = 0 pause = 1 else if pause = 1 pause = 0

Lalu masukan semua object dalam room, dan play. Ketika kamu menekan tombol spasi, maka object hitam tsb akan menghilang, dan ketika kamu menekan tombol spasi lagi, maka object hitam itu akan mencul lagi diposisi yang sama (walapun benda itu bergerak).

Kamu bisa mengembangkan kodenya sehingga menciptakan kode yang lebih berkualitas dan bermanfaat. Ini hanya sekedar sharing bagi yang belum tau fungsi instance_deactivate_all(), hehe.

Selamat berkreasi :)

Untuk hasil yang sudah jadi, bisa download DISINI atau KESINI (Direct Link)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar