Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Rabu, 29 Juni 2011

Membuat Missile Pada Game Maker

Apakah kamu pernah memikirkan cara membuat missile pada game yang kamu buat? kurasa tidak... Missile tergolong sesuatu yang unik, karena missile bisa mengejar target nya, dan bukan hanya itu, di dalam proses pembuatan game, kita tidak bisa dengan mudah menggerakan missilenya searah dengan target nya.

Untuk contohnya, bila missile menghadap ke atas, seperti ini I, maka jika musuh berada di sebelah kanan, missile akan berubah haluan menjadi kekanan, dan bagaimana jika target berada di pojok kanan, dan yang lebih parah lagi, jika target bisa bergerak kemana mana, maka apa yang kita lakukan untuk membuat missilenya bergerak ke arah target? mungkin ini bisa menjawabnya:

Untuk persiapan membuat missile, yang pastinya kita harus mempunyai missilenya / roketnya.




Perlu diingat, posisi missile harus menghadap kekanan terlebih dahulu, sehingga semuanya akan sempurna. Lihat dan ikuti gambar di bawah ini:










(klik gambarnya untuk memperbesar ukuran gambar)

Gambar diatas menerangkan bahwa:
1. Lihat posisi sprite missilenya, mengahadap kekanan
2. Pada step event, terdapat 3 action, yaitu
  • Create a flare, itu untuk membuat api pada missilenya, kamu bisa menambahkan itu dari menu Draw (warna api nya set warna orange)
  • Move toward point, ini akan membuat missile bergerak menuju target, untuk kodenya, kamu bisa pakai ini:
Pada x, isi obj_enemy.x Pada y, isi obj_enemy.y Pada speed, isi 10 atau terserah kamu

  • Dan yang terakhir yaitu Transform sprite, ini akan membuat sprite missilenya bisa berubah rubah posisi. Isikan ini pada Transform sprite:
xscale = 1 yscale = 1 angel = direction no mirroring

Sekarang kamu bisa mencobanya...

Dan ada tambahan, jika target nya lebih dari 1, maka yang harus kamu lakukan ialah membuat parentnya / orang tua nya, caranya berikut:

1. Kamu buat dulu 1 object, beri nama obj_enemy_parent
2. Nah, pada object yang ingin kamu jadikan target missile, kamu set parentnya obj_enemy_parent. Untuk set parentnya, kamu bisa temukan itu di bawah kolom nama object, di bawah deepth, lihat gambar dibawah:













3. Jika sudah selesai semua, kamu ubah:
Pada x, isi obj_enemy.x Pada y, isi obj_enemy.y Pada speed, isi 10 atau terserah kamu
Ubah obj_enemy menjadi obj_enemy_parent.

Untuk contoh nyatanya, silakan download file nya DISINI

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar