Sumbangan / Donate

Donate (Libery Reserve)


U5041526

Rabu, 09 Maret 2011

Macam - macam Kumbang Unik

Kumbang Badak Jepang

Kumbang badak jepang (Trypoxylus dichotomus) adalah salah satu spesies kumbang badak dari genus Trypoxylus keluarga Scarabaeidae. Serangga ini berasal Jepang, Korea, Taiwan, dan Cina. Orang Jepang menyebutnya kabutomushi (カブトムシ serangga kabuto?) karena imago jantan memiliki sebuah antena berbentuk seperti tanduk di bagian kepala seperti halnya kabuto. Dalam bahasa Inggris, kumbang ini disebut rhinoceros beetle (kumbang badak) karena antena yang dikatakan mirip tanduk badak.

Stadium imago berlangsung pada musim panas. Anak-anak Jepang senang bermain dengan imago serangga ini. Dua ekor kumbang badak jepang jantan diadu bergulat sumo hingga salah satunya terlontar, terdorong, atau melarikan diri dari arena. Di Jepang, kumbang ini ditangkap atau dibeli untuk dipelihara sebagai hewan timangan atau diternakkan. Kumbang badak betina berharga murah karena tidak memiliki antena.

Anatomi
Panjang tubuh jantan 30-54 mm (tidak termasuk tanduk), panjang tubuh betina 30-52 mm. Dulunya kumbang ini merupakan serangga terbesar di Jepang sebelum ditemukannya Cheirotonus jambar di Pulau Okinawa. Selain sebuah antena di bagian kepala, imago jantan memiliki satu antena pendek di bagian dada yang sebenarnya adalah sebagian dari eksoskeleton yang mencuat ke luar. Kegunaannya sebagai senjata ketika berkelahi memperebutkan pakan dan betina. Panjang antena bervariasi bergantung besar ukuran tubuh. Keadaan pakan dalam stadium larva mempengaruhi ukuran tubuh stadium dewasa.

Kumbang badak jepang giat di permukaan dahan yang vertikal dari pohon berkayu keras. Ujung cakar pengait dipakai untuk menempel di permukaan kulit kayu. Ketika berkelahi, kumbang ini menggunakan prinsip pengungkit hingga lawan terlontar akibat cakar pengait lawan terlepas dari kulit kayu. Lawan yang kalah tidak berusaha dikejar. Dalam perkelahian kumbang badak jepang tidak ada saling bunuh atau melukai.

Metamorfosis
Kumbang badak jepang menjalani metamorfosis sempurna: telur, larva, kepompong, dan imago. Larva mengalami tiga instar dan berganti kulit dua kali.

http://cdn-u.kaskus.us/27/uefbuk9t.jpg

SAMURAI BEETLE (Kumbang Samurai)

Kumbang unik ini juga ditemukan di Jepang. Di bagian sayap kumbang ini terdapat gambar muka samurai jepang.



KUMBANG PEMAKAN DAGING

kumbang jenis ini belum diketahui namanya. Kumbang ini sering di gunakan oleh peneliti untuk memisahkan atau mengurai daging / bangkai dari kerangka atau tulang tulangnya, cara ini lebih cepat dibanding dengan cara penguburan di tanah.


Kumbang Perak

Kumbang ini ditemukan di Costa Rica. Kumbang ini memiliki warna yang mengkilap dibagian punggungnya. Ada beberapa warna dari kumbang perak ini, yaitu hijau metalik, warna putih porselin dan varietas yang berwarna keemasan.




Kumbang koksi

Kumbang koksi adalah salah satu hewan kecil anggota ordo Coleoptera. Mereka mudah dikenali karena penampilannya yang bundar kecil dan punggungnya yang berwarna-warni serta pada beberapa jenis berbintik-bintik. Di negara-negara Barat, hewan ini dikenal dengan nama ladybird atau ladybug. Awam menyebut kumbang koksi sebagai kepik, karena ukurannya dan perisainya yang juga keras, namun kumbang ini sama sekali bukan dari bangsa kepik (Hemiptera). Serangga ini dikenal sebagai sahabat petani karena beberapa anggotanya memangsa serangga-serangga hama seperti kutu daun . Walaupun demikian, ada beberapa spesies koksi yang juga memakan daun sehingga menjadi hamatanaman.

Kumbang ini ditemukan di seluruh dunia, terutama di wilayah-wilayah tempat hidup tanaman yang menyediakan makanannya. Di dunia ini kurang lebih ada sekitar 5.000 spesies dan yang terbesar panjang tubuhnya mencapai hampir 1 cm.

Kumbang koksi

Kumbang Badak Raksasa

Kumbang ini sangat istimewa karena mempunyai ukuran raksasa dan merupakan jenis kumbang terbesar di dunia dengan panjang tubuh lebih dari 10 cm. Selain badannya yang hitam mengkilat dan kuat, sifatnya yang khas adalah mempunyai cula atau tanduk 3 buah memberi kesan seperti badak. Kumbang badak ini tersebar luas di Indonesia dan mampu hidup sampai ketinggian 1700 meter. Kumbang dewasa aktif pada malam hari dan tertarik sinar lampu. Di alam hidup sebagai pemakan pucuk (umbut) tumbuhan palem termasuk kelapa, aren, palem yang sedang melapuk atau sakit karena jenis serangga lainnya.

http://iwandahnial.files.wordpress.com/2009/05/kumbang-2.jpg?w=385&h=500

Rhinotia hemistictus

Rhinotia hemistictus ialah jenis kumbang dalam genus Rhinotia dari keluarga Belidae, kumbang ini biasa di sebut Kumbang Berhidung Panjang.




Rhineceros Beetle (kumbang badak)

Kumbang badak adalah subfamili (Dynastinae) dari kumbang scarab (Scarabaeidae). Mereka juga kadang-kadang disebut kumbang Hercules, kumbang Unicorn, atau kumbang tanduk. Ada lebih dari 300 spesies yang diketahui dari kumbang badak. Mereka adalah di antara kumbang terbesar, panjang mencapai 60 milimeter, namun mereka sama sekali tidak berbahaya bagi manusia karena mereka tidak bisa menggigit atau menyengat. Nama umum mereka mengacu pada karakteristik tanduk dilahirkan hanya oleh laki-laki dari spesies yang paling dalam kelompok. Mereka memiliki tanduk di dada dan lainnya tanduk mengarah ke depan dari toraks pusat. Mereka menggunakan tanduk mereka untuk melawan laki-laki lain selama musim kawin dan untuk menggali.




Chodropyga Dorsalis

Kumbang koboi tumbuh sampai 20-25mm panjang dengan betina biasanya sedikit lebih besar dari laki-laki. Memiliki pewarnaan kuning-coklat dan ketika dalam penerbangan mengeluarkan suara mendengung keras yang menciptakan ilusi tawon besar.




Amblytelus

Amblytelus adalah genus dari kumbang tanah, termasuk 47 spesies yang didistribusikan melalui Australia selatan, termasuk barat daya dan sepanjang pantai timur sampai ke utara Queensland.




Water Beetle (kumbang air)

kumbang air adalah kumbang yang beradaptasi untuk hidup dalam air. Kumbang air naik ke permukaan air dan mengambil udara atmosfer ke dalam sistem trakea mereka. Ada sekitar 2000 spesies kumbang air. Sisanya spesies laut, cenderung hidup di zona pasang surut. Kumbang air berwarna hitam, coklat, atau kehijauan dan 0,08-1,57 inci panjangnya.




Mungkin cuma segini jenis jenis kumbang unik yang saya temukan dari hasil browsing, hehe. Jika saya menemukan beberapa jenis kumbang yang unik lagi, saya akan meng-updatenya. Ok, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua...

sumber: wikipedia, kaskus, dll

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar